Penulis / NIM
AYANTI KUMARALO / 411409107
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstrak
ABSTRAK
Ayanti Kumaralo, NIM . 411409107 “Ayanti Kumaralo, NIM. 411409107. “PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA” (Suatu Penelitian Pada Siswa kelas VIII Di SMP Negeri 10 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2013.
Tujuan penelitian ini unuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan alat peraga dan tanpa alat peraga pada materi Bangun Ruang pada siswa kelas VIII SMP N 10 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelasVIII SMP N 10 Gorontalo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Sampel yang terpilih kelas VIII -2 sebagai kelas yang diajar menggunakan alat peraga dan kelas VIII-1 sebagai kelas yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Data penelitian diperoleh dari instrumet tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mendapatkan gambaran umum yang diperoleh melalui daftar distribusi frekuensi dan analisis inferensial digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan alat peraga lebih tinggi dibandingkan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi banggun ruang pokok bahasan luas keliling dan volume kubus dan balok.
Kata kunci : Alat Perga, kemampuan pemecahan masalah , bangun ruang
Download berkas