SKRIPSI

Penulis / NIM
NINING SRI NINGSI MOKODOMPIT / 411409108
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
ABSTRAK Nining S. Mokodompit 2013, Skripsi: Pengaruh Penerapan Strategi react terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok (suatu penelitian di SMP Negeri 1 Kabila). Melihat fakta yang ada, tidak sedikit siswa beranggapan matematika itu susah dipelajari sehingga siswa kurang berminat dalam belajar matematika. Hal ini dikarenakan siswa kurang memahami manfaat materi yang diberikan oleh guru sehingga tidak sedikit siswa yang tidak dapat mengaplikasikan apa yang siswa dapat di kelas dalam kehidupan nyata. Hal inilah yang mendorong peneliti mencoba untuk mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan strategi react dalam pembelajarn matematika untuk sub pokok kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan stretegi react lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi Ekspositori Penelitian yang dilakukan merupakan suatu kajian studi eksperimen di salah satu SMP yang ada di Kabupaten Bone Bolango. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di SMP Negeri 1 Kabila. Sample dalam penelitian ini adalah kelas VIIIC dan Kelas VIIID dengan jumlah siswa masing-masing berjumlah 30 orang. Sampel ini ditentukan dengan menggunakan teknik Cluster sampling random yaitu pengambilan sampel dengan tujuan tertentu. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen berupa tes. Tes diberikan kepada siswa yang berada di kelas eksperimen dan kelas kontrol sebanyak 1 kali yaitu postes. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan statistik uji dan diperoleh nilai Lhitung < Ltabel yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 0.1073 < 0.161 dan untuk kelas kontrol sebesar 0.1454 < 0.161. Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk kedua kelas data tersebut dapat terdistribusi secara normal. Berdasarkan hasil pengujian normalitas data, maka rata-rata skor hasil belajar siswa menggunakan statistik uji t. Dari hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan didapatkan thitung > ttabel yaitu 2.745 > 1.671. Sehingga dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi react lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran strategi ekspositori. Kata Kunci: Hasil belajar, strategi REACT, strategi ekspositori
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011