SKRIPSI

Penulis / NIM
SULASTRI ABAS / 411409117
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs. HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
ABSTRAK Sulastri Abas: “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi kubus Dan Balok”. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi kubus dan balok. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 10 Gorotalo pada semester genap untuk tahun pelajaran 2012/2013, dengan rancangan post test only control group design . Pemilihan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling . Sampel yang terpilih dikelompokkan dalam dua jenis pembelajaran yaitu pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran dengan model pembelajaran langsung. Pengukuran kemampuan pemecahan masalah matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas konstruk dan analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tes kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa yang diajar dengan menggunakan model pemebelajaran berbasis masalah dan yang diajar dengan pembelajaran langsung. Dimana kemampuan pemecahan masalah matematika yang diajar dengan menggunakan model pemebelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari pada kemampuan pemecahan masalah yang diajar dengan pembelajaran langsung. Perbedaan tingginya kemampuan pemecahan masalah matematika ini ditunjukkan dengan rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah 67 dan pembelajaran konvensional 59,86. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima dan disarankan kepada peneliti lain untuk mengadakan penelitian lanjutan guna mengetahui keefektifan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah Kata kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Pemeblajaran Langsung, Hasil Belajar.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011