Penulis / NIM
DEWI RAGIEL SUSANTI / 411409118
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
ABSTRAK
Dewi Ragiel Susanti, NIM. 411409118. Pengaruh Penggunaan Metode Problem solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas X di SMK Gotong Royong Telaga.
Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang diajarkan menggunakan metode problem solving dan pembelajaran konvensional pada materi program linear pada siswa kelas X SMK Gotong Royong Telaga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMK Gotong Royong Telaga. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Data penelitian diperoleh dari instrumet tes kemampuan berpikir kritis matematika dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan keseluruhan skor siswa yang diperoleh dengan diajrakan dengan metode problem solving dan konvensional dan analisis inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Dalam penelitian ini pengujian hipotesis penelitian menggunakan statistic uji-t dua sampel bebas (independent t-test). Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang diajarkan menggunakan metode Problem solving lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi program linear.
Kata kunci : metode Problem solving, kemampuan berpikir kritis , program linear
Download berkas