SKRIPSI

Penulis / NIM
DYAH HAYUNINGTIAS MAKALALAG / 411409119
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Abstrak
Dyah Hayuningtias Makalalag, 411409119, 2016. Deskripsi Hasil Belajar Matematika Kelas VIII MTs Negeri Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof.Dr. Nurhayati Abbas, M. Pd. Pembimbing II Dr. Tedy Machmud, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika berdasarkan ranah kognitif Bloom di kelas VIII MTs Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian penelitian adalah siswa kelas VIII-1, VIII-2 dan VIII-3 MTs Negeri Gorontalo. Data hasil belajar matematika berupa soal semester genap 2015/2016 yang telah dibuat guru dan hasil ulangan siswa pada semester genap kelas VIII di MTs Negeri Gorontalo. Jawaban siswa yang diperoleh digunakan untuk mendeskripsikan hasil belajar. Penilaian hasil belajar berdasarkan indicator hasil belajar pada ranah kognitif taksonomi Bloom, pengelompokan hasil belajar matematika berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Data-data ini diperoleh langsung dari guru pemegang mata pelajaran. Teknik analisis data menggunakan penelitian kualitatif dengan metode Deskriptif. untuk menguraikan hasil belajar siswa berdasarkan indikator taksonomi Bloom yaitu: (1) kelas VIII-1 penilaian pada aspek pengetahuan 58,33%, aspek pemahaman 85,32% dan aspek penerapan 72,06%. kelas VIII-2 penilaian pada aspek pengetahuan yaitu 40,17%, aspek pemahaman 52,92% dan aspek penerapan 56,71%. kelas VIII-3 pada aspek pengetahuan yaitu 53,70%, aspek pemahaman 62,25% dan aspek penerapan 62,27%. Pengelompokkan hasil belajar siswa pada ketiga kelas diperoleh kelompok tinggi 36%, kelompok sedang 38% dan kelompok rendah 26%. Secara keseluruhan penilaian hasil belajar matematika berbasis taksonomi Bloom di kelas VIII-1, VIII-2, VIII-3 Mts Negeri Gorontalo untuk ujian akhir semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dalam kategori baik. Ini berarti di MTs Neger Gorontalo sudah tergolong baik dalam melaksanakan pembelajaran matematika. Kata Kunci : Hasil belajar matematika, taksonomi Bloom,
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011