SKRIPSI

Penulis / NIM
ANGGRIANY USMAN / 411409122
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ABAS KALUKU, M.Si / 0014045708
Pembimbing 2 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Abstrak
ABSTRAK Anggriany Usman, NIM. 411409122. "Pengaruh Pendekatan Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Garis dan Sudut. (Suatu Penelitian pada siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Limboto Barat)". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2015 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang di ajarkan menggunakan Resource Based Learning dengan pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada materi Garis dan Sudut. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 2 Limboto Barat pada semester kedua untuk tahun pelajaran 2013/2014 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Limboto Barat. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Sampling jenuh. Kelas VIIB menjadi kelas eksperimen, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Resource Based Leearning dan kelas VIIA sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan tanpa menggunakan pendekatan resource based learning (pembelajaran konvensional) Hipotesis penelitian adalah Hasil belajar siswa yang menggunakan Resource Based Learning (RBL) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Resource Based Learning (pembelajaran konvensional), pada pokok Garis dan Sudut. Pengukuran hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Analisis data untuk menguji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t. Pengujian menunjukkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan resource based learning lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan tanpa pendekatan resource based learning pada materi garis dan sudut. Kata Kunci : Pendekatan Resource Based Learning, Garis dan Sudut, Hasil Belajar Siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011