SKRIPSI

Penulis / NIM
HAMIDAH / 411409123
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
ABSTRAK HAMIDAH (411409123). “Pengaruh Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAKEM) Dengan Menggunakan Metode Think-Pair-Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Limboto)”. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan PAKEM dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi persegi panjang dan persegi. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 1 Limboto pada semester genap dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Limboto. Pengukuran kemampuan komunikasi matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Sebelum melakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas data dan homogenitas varians. Hasil pengujian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan sampel berasal dari populasi yang homogen. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = (n1 + n2 – 2). Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan PAKEM lebih tinggi dari kemampuan komunikasi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi persegi panjang dan persegi. Kata kunci : Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM), Kemampuan Komunikasi Matematika.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011