SKRIPSI

Penulis / NIM
AYU AMELIA DUNGGIO / 411410011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Pembimbing 2 / NIDN
NANCY KATILI / 0030097902
Abstrak
Ayu Amelia Dunggio : Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Volume dan Luas Permukaan Limas. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas tentang pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Berbasis Masalah dan yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi Volume dan Luas Permukaan Limas. Untuk memperoleh Hasil Belajar siswa dalam mengetahui Volume dan Luas Permukaan Limas digunakan instrument test. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kotamobagu T.P 2013/2014 yang berjumlah 111 orang dan tersebar kedalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Clustersimple random sampling. Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak. Kemudian, dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberi perlakuan. Berdasarkan hasil random, kelas VIIIc terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah sedangkan kelas VIIId sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah dengan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional padamateri Volume dan Luas Permukaan Limas. Langkah awal yang digunakan adalah dengan mengadakan uji coba terhadap instrumen, untuk mengetahui apakah instrumen tersebut dapat digunakan dalam pengambilan data pada penelitian ini, dengan menguji reliabilitas, validitas dan normalitas data. Pengujian normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors dengan taraf signifikan 0,05. Setelah pada uji coba terbukti berdistribusi normal maka dilanjutkan dengan pengumpulan data. Dari data yang ada, hasil pengujian menunjukkan bahwa L0< Ltabel , yang berarti data yang terkumpul berdistribusi normal. Setelah itu diadakan pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t dengan dk = (n1 + n2 - 2 ). Hasil penghitungan menunjukkan bahwa thitung> ttabel , yang berarti hipotesis penelitian yang diajukan tidak diterima atau ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. � Kata kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011