Penulis / NIM
NURAIN M. MOOTALU / 411410012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
ABSTRAK
Nur Ain M.Mootalu, 2014. "Deskripsi Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Materi Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok". Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran siswa kelas VIII-1 pada materi Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-1 SMP Negeri empat Telaga, yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Dalam penelitian ada 4 indikator yang digunakan untuk melihat efektifnya suatu pembelajaran, yaitu: pengelolaan pembelajaran oleh guru, aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan atau observasi, dan pemberian tes dan angket pada akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran oleh guru tidak efektif di sebabkan oleh beberapa aspek berada pada kriteria kurang baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran berada pada kriteria batas toleransi sehingga di kategorikan efektif, begitu pula angket mendapat respon minimal 85,7% sehingga dikategorikan efektif, namun hasil belajar siswa di kategorikan tidak efektif karena siswa yang mencapai nilai ketuntasan hanya 45%.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa "efektivitas pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi materi luas permukaan dan volume kubus dan balok pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 4 Telaga tahun 2013/2014 tidak efektif ".
Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Make A Match.
Download berkas