Penulis / NIM
VIENA OCTAVIANA SURYANI / 411410019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
ABSTRAK
Viena Octaviana Suryani, 2014. Pengaruh Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Kartin Usman, M.Pd. Pembimbing II Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan scientific memiliki pengaruh yang positif terhadap kemampuan penalaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga pada pokok bahasan aritmatika sosial.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP 1 Telaga tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 8 kelas. Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak. Kemudian, dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen tes penalaran matematika siswa dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui tabel distribusi frekuensi dengan mempersentasikan rata-rata dan analisis inferensial dilakukan melalui uji-t untuk menguji hipotesis penelitian.
Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan statistic uji dan diperoleh nilai Lhitung
Download berkas