Penulis / NIM
ERMAN / 411410021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
Erman, 2015. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Saintifik pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII Smp Negeri 2 Limboto Barat.SKRIPSI. Dibawah bimbingan Prof. Dr. Sarson W. Pomalato, M.Pd dan Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Limboto Barat pada materi LuasPermukaan dan Volume Kubus dan Balok dengan menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Limboto Barat, yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dariempat komponen, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan atauevaluasi, serta analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan carapengamatan atau observasi, dan pemberian tes pada setiap akhir sikluspembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I pengamatan aktivitas guru dan siswa sudah memenuhi indikator kinerja, tetapi untuk hasil belajar hanya 3 dari 23 siswa (21,74%) yang dikenai tindakan memperoleh nilai diatas 75. Persentasekeberhasilan siswa pada siklus I ini belum mencapai indikator kinerja yangditetapkan, untuk itu perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Belum tercapainya indikator kinerja, disebabkan persentase hasil belajar siswa tidak mencapai kriteria yang ditentukan yaitu minimal 80% dari keseluruhan siswa yang dikenai tindakan tuntas belajar. Berdasarkan hasil yang belummencapai indikator kinerja pada siklus I maka dilaksanakan perbaikan pendekatan pembelajaran pada siklus II. Hasil tindakan pada siklus II menunjukan pengamatan aktivitas guru dan siswa memperoleh penilaian minimal baik, dan hasil belajar siswa mencapai indikator kinerja yaitu 20 dari 23 siswa (86,96%) yang dikenai tindakan, memperoleh nilai diatas 75.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa "Jika Pendekatan Pembelajaran Saintifik diterapkan pada pembelajaran Materi LuasPermukaan Dan Volume Kubus Dan Balok, maka hasil belajar matematika siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Limboto Barat akan meningkat.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Pembelajaran Saintifk.
Download berkas