Penulis / NIM
HASLINDA PONAMON / 411410023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Pembimbing 2 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Abstrak
ABSTRAK
Haslinda Ponamon, 2014 . "Pengaruh Penerapan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP". Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : 1) Dr. Ali Kaku, M.Pd, 2) Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan dengan strategi konflik kognitif lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan dengan strategi ekspositori. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan dengan strategi konflik kognitif dan siswa yang dibelajarkan dengan strategi ekspositori. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 10 Gorontalo kelas VII Tahun pelajaran 2013-2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster Simple Random Sampling, sehingga diperoleh 2 kelas yaitu kelas VII-4 dan VII-5 dengan jumlah seluruh siswa 46 orang. Sebelum digunakan instrumen penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya kepada 28 orang siswa diluar sampel. Analisis data penelitian ini dilakukan secara analisis deskiptif dan analisis inferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan uji-t yaitu (thitung = 2,628 > ttabel = 1,678). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan dengan strategi konflik kognitif lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi ekspositori.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Strategi Konflik Kognitif, Strategi Ekspositori.
Download berkas