Penulis / NIM
ALI RUSMAN / 411410024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Abstrak
Rusman, Ali. 2014. Pengaruh Model Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa.SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.Prof. Dr. Hj. Evi Hulukati, M.Pd. Drs. Sumarno Ismail, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model penemuan terbimbing dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan denganmodel pembelajarankooperatif pada materi kubus dan balok
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 268 orang dan tersebar dalam 8 kelas.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling.Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak. Kemudian, dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil random, kelas VIII.6 terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan modelpenemuan terbimbing sedangkan kelas VIII.7 sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif.
Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk essay. Data yang didapatkan kemudian di analisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui data hasil kemampuan pemecahan masalah matematis dalam besaran-besaran statistik seperti rata-rata (mean), nilai tengah (median), nilai yang paling banyak muncul (modus), simpangan baku (standar deviasi), dan menggambarkannya dalam bentuk tabel distribusi frekuensi histogram.
Sedangkan analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan uji ANAKOVA untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Fhitung= 0,299 < Ftabel = 4,00 artinya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan modelpenemuan terbimbing lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatifpada materi kubus dan balok.
Kata Kunci :Penemuan Terbimbing , Kemampuan Awal, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa.
Download berkas