Penulis / NIM
FRIYAN ARDIANTO / 411410025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Abstrak
ABSTRAK
Friyan Ardianto, 2015. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Pada Pembelajaran Matematika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof.Dr.Hj Evi Huluati, M.Pd Pembimbing II Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk memgambarkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun data diperoleh melalui pengumpulan data melalui observasi, pemberian tes hingga wawancara. Pemberian tes dilakukan untuk menggambarkan kemampuan kemampuan berfikir kreatif siswa dalam menyelasaikan soal pada pembelajaran matematika.
Data yang diperoleh dianalisis dan dipersentasikan berdasarkan indikator kemampuan berfikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal pada pembelajaran matematika. Hasil penelitian diperoleh: (1) indikator kelancaran rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada indikator ini mencapai 69%, (2) indikator keluesan rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada indikator ini mencapai 59,4%, (3)idikator keaslian rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada indikator ini mencapai 37,5%, (4) idikator elaborasi rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada indikator elaborasi mencapai 34,1%. Dan secara umum kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal pada pembelajaran matematika adalah 50%.
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif siswa, Berpikir Kreatif, Pembelajaran Matematika
Download berkas