Penulis / NIM
ABD. RAHMAN HABIE / 411410028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Pembimbing 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstrak
ABSTRAK
Abd Rahman Habie 2015. Analisis Kesulitan Siswa Kelas XI IPA Dalam Belajar Matematika Pada Materi Matriks (Studi Penelitian di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Anggrek Kab. Gorontalo Utara). Skripsi, Program Studi Pendidikan Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Dengan Pembimbing I Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd dan Pembimbing II Drs.Franky A Oroh M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Matriks. Selanjutnya dengan memilih 2 Dosen di lingkungan Jurusan Pendidikan Matematika dan 1 orang Guru bidang studi matematika untuk memvalidasi isi instrumen dan berdasarkan hasil tes tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen valid ditinjau dari isinya dan dapat digunakan dalam penelitian ini.
Langkah selanjutnya dilakukan dengan tujuan untuk menjaring informasi yang lebih mendalam tentang kesulitan belajar siswa yaitu dengan memilih 6 orang sebagai subjek penelitian, yang dapat dikelompokkan kedalam tiga kelompok (tinggi, sedang, rendah) berdasarkan skor yang diperoleh. Dengan berpedoman pada panduan/pedoman wawancara dan berdasarkan hasil pekerjaan subjek, keempat subjek tersebut dinterview untuk menjaring informasi yang mendalam dan sebanyak-banyaknya tentang kesulitan belajar siswa.
Dari hasil penelitian ini, terindetifikasi bahwa kesulitan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Aggrek dalam belajar matematika pada Matriks terjadi pada 4 jenis objek yaitu kesulitan fakta, kesulitan konsep, kesulitan prinsip, dan kesulitan operasi. Adapun kesulitan ini disebabkan karena kurangnya penguasaan dan pemahaman terhadap materi Matriks, kurangnya latihan dalam menyelesaikan soal yang beragam serta kurangnya penguasaan operasi hitung bilangan bulat.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Matematika, Matriks.
Download berkas