SKRIPSI

Penulis / NIM
RAHAYU RAHMAWATI / 411410032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Pembimbing 2 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Abstrak
ABSTRAK Rahayu Rahmawaty, NIM. 411 410 032. "Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dengan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Limboto". Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Ali Kaku, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan status sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar matematika. Pada dasarnya penelitian ini merupakan penelitian survei yang menggunakan teknik korelasional. Berdasarkan jenisnya, ada 2 variabel yang diteliti yaitu kondisi sosial ekonomi orang tua(X) dan hasil belajar matematika(Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Limboto sebanyak 84 orang dalam 3 kelas, yang juga merupakan sampel dalam penelitian ini dimana pengambilan instrumen digunakan pada penelitian ini dari angket untuk kondisi sosial ekonomi orang tua dan nilai hasil ujian mid semester untuk variabel hasil belajar matematika, yang telah dilakukan uji validasi dan reliabilitas melalui uji statistik. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi korelasi sederhana. Analisis ini digunakan untuk menyelidiki hubungan kondisi sosial ekonomi orang tua (X) dengan hasil belajar matematika (Y). Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hubungan yang positif antara kondisi sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar matematika yang ditunjukkan oleh nilai (rxy) sebesar 0,984459859. Dan pengaruh yang cukup berarti antara kondisi sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar matematika yang ditunjukkan oleh koefisien determinasi (rxy)2 sebesar 0,9692. Hal ini berarti ada sebesar 96,92% kontribusi tingkat kondisi sosial ekonomi orang tua (X) terhadap hasil belajar matematia (Y) melalui persamaan regresi ... = 48,608 + 0,265X Kata Kunci : Kondisi sosial ekonomi orang tua, hasil belajar matematika ABSTRACT Rahayu Rahmawaty, STUDENT ID. 411 410 032."Correlation between Parents' Social Economic Status and Mathematics Learning Achievement on Students of Grade XI IPS at SMA Negeri 1 Limboto". Skripsi, Mathematics Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University Of Gorontalo. Principal supervisor is Dr. Ali Kaku, M.Pd and co-supervisor is Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd. The research aims at understanding the correlation between parents' social economic status and Mathematics learning achivement. Basically, it is a survey research that uses correlation technique. Based on its type, there a,re 2 variables that are studied which are parents' social economy condition (X) and Mathematics learning achievement (Y). The population is students of Grade XI IPS at SMA Negeri 1 Limboto that is amounted to 84 students in three classes, which are also the sample of the research. Determination of instrument is from questionnaire for parents' social economics condition and mid semester-test result for Mathematics learning achievement variable which has passed validation and reliability test through statistical test. Hypothesis test uses simple correlation regression analysis. The analysis is used to investigate the correlation between parents' social economy condition (X) and Mathematics learning achievement (Y). The result shows that there is positive correlation between parents' social economic status and Mathematics learning achievement which is showed by determination coefficient (rxy) is 0,984459859. There is also significant influence between parents' social economic status and Mathematics learning achievement which is showed by determination coefficient (rxy)2 is amounted to 0,9692. It means that there is 96,92% contribution of parents' social economic status level (X) toward Mathematics learning achievement (Y), it is seen from regression equation Y =48,608+0,265X Keywords: Parents' Social Economic Status, Mathematics Lerning Achievement
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011