Penulis / NIM
AMINUDDIN / 411410035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Pembimbing 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstrak
ABSTRAK
Aminuddin : Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Mastery Learning Terhadap Hasil Belajar siswa Pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan Bangun Datar (Studi eksperimen pada kelas kelas IX SMP Negeri 7 Telaga Biru). Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. 2015.
Pembimbing: (1) Dr. Ali Kaku, M.Pd
(2) Nurwan, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas tentang pengaruh penerapan strategi pembelajaran Mastery Learning (Pembelajaran Tuntas) terhadap hasil belajar siswa pada materi kesebangunan dan kekongruenan bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang populasinya adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 7 Telaga Biru tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 61 orang tersebar dalam 3 kelas yaitu IX1, IX2 dan IX3 dari semua kelas yang ada maka diambil 2 kelas sacara Sampling Random sampling sebagai kelas eksperimen yaitu kelas IX2 atau kelas perlakuan yang diajar dengan menerapkan strategi Pembelajaran Mastery Learning dan Kelas IX1 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.Hipotesis dalam penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajan Mastery Learning lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang menerapkan strategi pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essay terdiri dari 9 butir soal. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan menggunakan uji t dua sampel bebas (independen t-test).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Mastery Learning lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Mastery Learning unggul dalam mengajarkan materi kesebangunan dan kekongruenan bangun datar.
Kata Kunci : Mastery Learning, hasil belajar siswa
Download berkas