Penulis / NIM
RIKMAN BEGA / 411410036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Pembimbing 2 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Abstrak
ABSTRAK
Rikman Bega, NIM. 411410036. "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME KUBUS DAN BALOK. (SUATU PENELITIAN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SUWAWA)". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Inquiry lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung, pada pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 2 Suwawa pada semester kedua untuk tahun pelajaran 2013/2014 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Suwawa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Dari sampel yang terpilih, satu kelas menjadi kelas eksperimen, yaitu satu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan model inquiry dan satu kelas sebagai kelas control, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung.
Hipotesis penelitian adalah hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inquiry lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok. Pengukuran hasil belajar matematika dilakukan dengan menggunakan instrument tes hasil belajar berbentuk tes essay.
Analisis data untuk menguji hipotesis pada penelitian ini digunakan uji t. Pengujian menunjukkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok.
Kata kunci : Model Inquiry, Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok, Hasil Belajar.
Download berkas