SKRIPSI

Penulis / NIM
SEPRIANTI / 411410037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Pembimbing 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstrak
ABSTRAK Seprianti R. Bioto. 2014 Skripsi: Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Luas Permukaan dan Volume Balok (suatu penelitian di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo) Penelitian yang dilakukan merupakan suatu kajian studi eksperimen disalah satu SMP yang ada di Kota Gorontalo yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran generatif di SMP kelas VIII pada materi luas permukaan dan volume balok. Populasi dalam penelitian ini adalah 8 dari 9 kelas dikelas VIII di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo yang berjumlah 274 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 dan VIII-3 yang berjumlah sama yaitu 29 orang. Sampel ini ditentukan dengan menggunakan tehnik simple random sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui instrument tes hasil belajar dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui table distribusi frekuensi dengan mempresentasikan rata-rata dan analisis inferensial dilakukan melalui uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan uji statistik dan diperoleh nilai Lhitung < Ltabel yaitu kelas eksperimen sebesar 0,092 < 0,163 dan untuk kelas kontrol sebesar 0,099 < 0,163. Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk kedua kelas tersebut dapat berdistribusi normal. Berdasarkan hasil pengujian normalitas data, maka rata-rata skor hasil belajar siswa menggunakan uji statistik uji t. dari hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan didapat thitung > ttabel yaitu 2,44 > 1,66. Sehingga dari hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran generatif terhadap hasil belajar siswa di SMP kelas VIII pada materi luas permukaan dan volume balok. Kata kunci: model pembelajaran generatif, hasil belajar, luas permukaan dan volume balok
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011