SKRIPSI

Penulis / NIM
RAHMAWATY ABAS / 411410038
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Pembimbing 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstrak
DESKRIPSI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT Rahmawaty Abas Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNG ABSTRAK Rahmawaty Abas. 2014. Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Bangun Datar Segiempat. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Kemampuan komunikasi matematis adalah kesanggupan dalam menyatakan ide- ide matematis baik secara lisan maupun tertulis dan mampu mengimplementasikannya ke dalam bentuk grafik, tabel dan diagram serta mampu menggunakan istilah, simbol dan notasi matematika dalam rangka membangun pemahaman matematika dan memecahkan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bangun datar segiempat. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan komunikasi matematis siswa antara lain (1) kemampuan menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram kedalam ide matematika; (2) kemampuan menyatakan peristiwa sehari- hari dengan menggunakan istilah- istilah, notasi- notasi dan struktur- struktur matematis untuk menyajikan ide, menggambarkan hubungan- hubungan, dan membuat model matematika; (3) kemampuan menuliskan penjelasan dari jawaban permasalahannya secara matematik, masuk akal, dan jelas serta tersusun secara logis dan sistematis. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes tertulis, dan wawancara untuk memperdalam infomasi mengenai kemampuan komunikasi matematis siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 10 Gorontalo tahun akademik 2013/ 2014 yang telah selesai diajarkan materi bangun datar segiempat. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII pada materi bangun datar segiempat tergolong sedang. Kata Kunci : Kemampuan komunikasi matematis
Download FILE

ARSIP

2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011