Penulis / NIM
SRI DEVIYANTI ARIANATA ALI / 411410042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstrak
ABSTRAK
Sri Deviyanti Arianata Ali, NIM. 411 410 042. "Pengaruh Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa pada Materi Luas Permukaan dan Volume Balok. (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Telaga)". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematik siswa yang dibelajarkan dengan metode penemuan terbimbing akan lebih tinggi dari kemampuan komunikasi matematik siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran konvensioanl, pada pokok bahasan luas permukaan dan volume balok. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 1 Telaga pada semester genap untuk tahun pelajaran 2013/2014 dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Simple Random Sampling. Kelas VIII-4 menjadi kelas eksperimen, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan terbimbing dan kelas VIII-8 sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan metode konvensional.
Analisis data untuk menguji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t. Pengujian menunjukkan kemampuan komunikasi matematik siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran konvensional pada pokok bahasan luas permukaan dan volume balok.
Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa, Metode Pembelajaran
Penemuan Terbimbing, Metode Pembelajaran Konvensional.
Download berkas