Penulis / NIM
NANGSI NUR / 411410043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ABAS KALUKU, M.Si / 0014045708
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
ABSTRAK
Nangsi Nur. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran The Power Of Two Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Limboto pada Sub Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo.2014 Pembimbing: (1) Drs. Abas Kaluku, M.Si, (II) Dewi Rahmawaty Isa, S,Si. M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran The Power Of Two lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 1 Limboto pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 dengan rancangan Posttes Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Limboto dan sampel penelitian diambil 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Cluster Simple Random Sampling. Pengukuran kemampuan pemecahan masalah matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan realibilitas instrument. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran the power of two lebih baik dari pembelajaran konvensional.
Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran the power of two terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Kata Kunci: The Power Of Two, Matematika, dan Kemampuan Pemecahan Masalah,
ABSTRACT
Nangsi Nur. 2014. The Influence Of Power Of Two Learning Model toward the students' Problem-Solving Skill on mathematics (an Experimental Volume of Cube and Bar), Skripsi Gorontalo. Departement of mathematics Education, Facully of mathematics and Sciences, Universitas Negeri Gorontalo. 2014. The principal supervisor was Pembimbing: (1) Drs. Abas Kaluku, M.Si, (II) Dewi Rahmawaty Isa, S,Si. M.Pd,
The research aimed at investigating the difference of the problem-solving skill of mathematics of students taught by The Power Of Two learning model and those who were tayght by conventional learning on surface width and volume of cube and bar, this experiment was conducted at SMP Negeri 1 Limboto in even semester of 2013/2014 academic years by having posstest Only control Group Design. The population of this research were students at class VIII of SMP Negeri 1 Limboto and Simple Random Sampling. The measurement of problem-solving skill of mathematics was conduted by using essay test of problem-solving skill as as instruments. The research result showed that The Power Of Two learning model was better than conventional learning model.
Thus,there was a difference of problem-solving skill between experimental class and control class. It showed that there was an influence Of The P ower Of Two learning model toward students problem-solving skill of mathematics.
Keyworsd: The Power Of Two, Mathematics, and Problem-Solving Skill.
Download berkas