Penulis / NIM
NUR SAFITRI SUUD / 411410045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
ABSTRAK
Nur Safitri Suud. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas Vii Smp N 7 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (I) Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd (II) Dewi Rahmawaty Isa, S.Si, M.Pd.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Open-Ended dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi segitiga pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian Posstest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 gorontalo tahun Pelajaran 2013/2014 dan sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara tehnik cluster simple random sampling. Data yang terkait dianalisis dengan Uji t Independen.
Dari hasil analisis data diperoleh kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Open-Ended lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Open-Ended, Matematika, dan Berpikir Kreatif
Download berkas