Penulis / NIM
ELFIRA NADING / 411410048
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
ABSTRAK
ElfiraNading, NIM. 411410048. "PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (SUATU PENELITIAN DI KELAS VIIIDI SMP NEGERI 1 TELAGA)". Skripsi.Gorontalo.Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Neger iGorontalo, 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem posing dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 1 Telaga pada semester kedua untuk tahun pelajaran 2013/2014 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Tekhnik Cluster Simple Random Sampling. Dari sampel yang terpilih, satu kelas menjadi kelas eksperimen, yaitu kelas VIII5 yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem posing dan satu kelas sebagai kelas kontrol, yaitu kelas VIII7 yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional. Hipotesis penelitian adalah Hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem posing lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional. Pengukuran hasil belajar matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Sebelum melakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas data dan homogenitas varians. Hasil pengujian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan sampel berasal dari populasi yang homogen. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = (n1 + n2 - 2). Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa t hitung > tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem posing lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional.
Kata kunci :Pendekatan Problem Posing, Hasi lBelajar.
Download berkas