Penulis / NIM
DEVILIATI OPALADU / 411410055
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ABAS KALUKU, M.Si / 0014045708
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstrak
ABSTRAK
Deviliati Opaladu. 4114 10 055. "Deskripsi Keterampilan Pengelolaan Kelas Dalam Proses Pembelajaran Matematika di SMP Se Kecamatan Tolinggula (studi deskriptif pada guru SMP Se Kecamatan Tolinggula)". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo tahun 2014. Pembimbing: (1) Drs. Abas KalukuM.Si; (II) Drs. Majid, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keterampilan pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran matematika di SMP Se Kecamatan Tolinggula. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru matematika dan pengawas mata pelajaran matematika SMP Kabupaten Gorontalo Utara. Prosedur pengumpulan data melalui observasi, angket dan dokumentasi. Observasi dilakukan di 6 SMP yang ada di kecamatan tolinggula, yaitu SMP Negeri 1 Tolinggula, SMP Negeri 3 Satap Tolinggula, SMP Negeri 4 Satap Tolinggula, SMP Negeri 6 Satap Tolinggula, SMP Negeri 7 Satap Tolinggula dan SMP Negeri 8 Satap Tolinggula. Dari hasil supervisi yang dilakukan oleh tiga orang pengamat sesusai dengan hasil pengamatan perangkat pembelajaran masing-masing memperoleh skor rata-rata 52.3, 51, 52.6, 46.3, 54 dan 52.6. Sedangkan berdasarkan hasil pengamatan proses pembelajaran masing-masing memperoleh skor rata-rata 102, 99.3, 101, 90.3, 104 dan 99.3. sedangkan berdasarkan angket diperoleh ada dua sekolah yang dikategorikan tinggi yang memiliki guru dengan keterampilan baik dalam mengelola kelas, yaitu SMP Negeri 4 Satap Tolinggula dan SMP Negeri 7 Satap Tolinggula dengan skor rata-rata 77 dan 77.
Berdasarkan tujuan penelitian, hasil pembahasan dan temuan penelitian maka dapat penulis simpulkan bahwa keterampilan pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran matematika di SMP Se-Kecamatan Tolinggula dapat di katakana baik, dengan kata lain guru dalam bidang studi matematika di SMP Se-Kecamatan Tolinggula telah mampu mengelola kelas dalam proses pembelajaran sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif, menyenangkan dan siswa termotivasi untuk belajar.
Kata kunci : keterampilan pegelolaan kelas, pembelajaran matematika
Download berkas