Penulis / NIM
LA ODE KARBENI / 411410058
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstrak
Karbeni, 2014. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Pokok Bahasan Menghitung Luas dan Keliling Persegi dan Persegi Panjang Kelas VII di MTs. Integral Hidayatullah Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendididkan Matematika, Fakultas matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo (UNG).
Dosen Pembimbing: Dr. Ali Kaku, M.Pd dan Drs. Majid, M.Pd
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dapat meningkatkan komunikasi matematika siswa kelas VII MTs Integral Hidayatullah Kota Gorontalo pada pokok bahasan menghitung keliling dan luas persegi dan persegi panjang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 13 orang. faktor yang diteliti berupa komunikasi matematika siswa yang dianalisis pada akhir siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Analisis yang digunakan adalah cara analisis data deskriptif dengan teknik persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukan peningkatan, persentase kemampuan komunikasi matematika siswa meningkat dari 53,85% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II.
Kata kunci : kemampuan komunikasi matematika,menghitung, luas dan keliling persegi panjang dan persegi, think pair share
Download berkas