Penulis / NIM
ZUPRIADIN BIMBING / 411410061
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstrak
ABSTRAK
Zupriadin Bimbing, 2015. Analisis Keaktifan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd Pembimbing II Drs. Majid, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk memgambarkan keaktifan bertanya siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun data diperoleh melalui pengumpulan data melalui observasi dan pemberian angket. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-3 SMP Negeri 2 Gorontalo.
Data diperoleh dari penyebaran angket kepada siswa. Teknik analisis data menggunakan persentase kemudian di kualitatifkan dalam bentuk kategori. Hasil penelitian ini adalah : (1) diperoleh skor 458 atau 50,2% hal ini menunjukan bahwa minat siswa dalam bertanya masih kurang baik. (2) diperoleh skor 432 atau 47,4% hal ini menunjukan bahwa siswa Memiliki perasaan tidak/kurang berani dalam bertanya kurang baik. (3) diperoleh skor 488 atau 53,3% hal ini menunjukan bahwa siswa yang Memiliki Motif keingintahuan masih kurang baik. (4) diperoleh skor 455 atau 74,8% hal ini menunjukan bahwa guru dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran matematika atau dalam kategori baik. (5) diperoleh skor 243 atau 79,9% hal ini menunjukan bahwa suasana belajar siswa dalam pembelajaran matematika dalam kategori baik.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa keaktifan bertanya siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo bahwa faktor dari dalam diri siswa itu sendiri masih kurang baik dalam keaktifan bertanya, sedangkan faktor dari luar diri siswa sudah baik.
.
Kata Kunci : keaktifan bertanya, Siswa Kelas VII.
Download berkas