Penulis / NIM
HARYATI OCTAVIANI BEMPAH / 411410065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATA KULIAH KALKULUS I MATERI LIMIT FUNGSI
Haryati Octaviani Bempah
Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNG
ABSTRAK
Haryati Octaviani Bempah. 2014. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Kalkulus I Materi Limit Fungsi. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting bagi peserta didik, khususnya mahasiswa agar dapat menghubungkan persoalan atau informasi yang diperolehnya melalui penyelidikan dan pengkajian secara sistematis sehingga menghasilkan ide atau solusi untuk pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan menganalisis atau menggambarkan kemampuan berpikir kritis matematika mahasiswa jurusan pendidikan matematika pada materi limit fungsi aljabar. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan berpikir kritis matematika mahasiswa antara lain kemampuan identifikasi masalah, analisis, sintesis, inferensi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes tertulis, dan wawancara untuk memperdalam infomasi mengenai kemampuan berpikir kritis matematika mahasiswa. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester II Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo tahun akademik 2014 yang telah selesai memprogramkan mata kuliah Kalkulus I pada semester ganjil tahun pada tahun ajaran 2013. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa kemampuan berpikir kritis matematika mahasiswa jurusan pendidikan matematika pada mata kuliah kalkulus I materi limit fungsi aljabar tergolong sedang. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kecermatan dalam mengabstraksi soal, penguasaan konsep-konsep limit fungsi aljabar dan materi prasyarat (kemampuan awal) serta penerapannya, kecenderungan mahasiswa dalam mengandalkan hafalan, dan motivasi.
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis Matematika, kalkulus I, limit fungsi aljabar.
Download berkas