SKRIPSI

Penulis / NIM
YUSRAN KISMAN ABDUL / 411410072
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
Yusran K. Abdul (2014). Hubungan Kemandirian Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Matematika Siswa (Studi Penelitian di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tilongkabila). Skripsi, Program Studi Pendidikan Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd. (2) Dra. Lailany Yahya, M.Si. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang menggunakan teknik korelasional. Berdasarkan jenisnya, ada 2 variabel yang diteliti yaitu kemandirian belajar (X) dan hasil belajar matematika (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tilongkabila sebanyak 142 orang yang tersebar pada 5 kelas, dengan sampel sebanyak 25 siswa (Siswa Kelas VIII.1) dimana pengambilan sampel dilakukan pengundian pada 5 kelas tersebut. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri atas: (1) tes untuk mengumpulkan data hasil belajar matematika, dan (2) angket untuk mengumpulkan data kemandirian belajar siswa. Kedua instrumen telah diuji validitas dan reliabilitas melalui uji statistik. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi korelasi sederhana. Analisis ini digunakan untuk menyelidiki hubungan kemandirian belajar (X) dengan hasil belajar matematika siswa (Y). Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hubungan yang positif antara kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan oleh nilai (r_xy) sebesar 0,6231. Dan pengaruh yang cukup berarti antara kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika ditunjukkan oleh koefisien determinasi (r_xy)2 sebesar 0,3883. Hal ini berarti ada sebesar 38,83 % kontribusi tingkat kemandirian belajar (X) terhadap hasil belajar matematika siswa (Y) melalui persamaan regresi Y =-63,6341 + 0,8369 X. Kata Kunci: kemandirian belajar, hasil belajar matematika siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011