Penulis / NIM
ZULKIFLI NUSI / 411410074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
Zulkifli Nusi, 2017. Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal-soal Geometri Transformasi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Sumarno Ismail, M.Pd. Pembimbing II Dra. Lailany Yahya, M. Si.
Penelitian ini bertujuan untuk memberi gambaran hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika dalam menyelesaikan soal-soal penalaran pada geometri transformasi. Selanjutnya dengan memilih 2 orang validator yaitu dua orang dosen matakuliah geometri transformasi untuk memvalidasi isi rubrik dan jawaban. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan instrumen dikatakan valid. Dan juga setelah dilakukan uji coba penggunaan jawaban diperoleh bahwa jawaban yang digunakan dalam penelitian valid dan reliabel.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, dilakukan prosedur pengumpulan data melalui observasi soal yang dibuat oleh Dosen pengampu mata kuliah Geometri Transformasi dan pemeriksaan data dalam hal ini jawaban UAS mahasiswa pendidikan matematika angkatan 2014. Pemeriksaan jawaban dilakukan untuk menjaring mahasiswa yang akan digunakan sebagai subjek penelitian. Hasil jawaban dideskripsikan pada 6 orang mahasiswa yang telah dipilih sebagai subjek penelitian.
Dari hasil penelitian diperoleh temuan gambaran hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika angkatan 2014 yang tergolong sedang. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman akan soal diberikan yang menyangkut tentang penalaran.
Kata kunci: Hasil Belajar , Soal-soal Penalaran
Download berkas