Penulis / NIM
YOPPY X WOWILING / 411410078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
Yoppy X. Wowiling. 2014. "Pengaruh Metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas VIII pada Materi Kubus Dan Balok" (Studi Eksperimen pada siswa dan siswi SMP Katolik Santa Maria Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: 1 Dr. Tedy Machmud, S.Pd. M.Pd dan Pembimbing 2 Dra. Lailany Yahya, M.Si.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep siswa yang diajar dengan menggunakan Metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) dan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran diskusi
Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Katolik Santa Maria Gorontalo, Sampel dalam penelitian ini adalah populasi karena hanya terdiri dari dua kelas saja, selanjutnya menentukan kelas eksperimen dan kelas control dengan melakukan undian terhadap 2 kelas tersebut yaitu siswa kelas VIII SMP Katolik Santa Maria Gorontalo. Data yang terkait dianalisis dengan Uji t Independen.
Dari hasil analisis data diperoleh penguasaan konsep siswa yang diajarkan dengan metode pemetaan pikiran (Mind Mapping) lebih tinggi daripada metode pembelajaran diskusi.
Kata Kunci: Mind Mapping, Matematika dan Penguasaan Konsep
Download berkas