SKRIPSI

Penulis / NIM
SABDIANTO S. ZANU / 411410079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
Sabdianto S. Zanu, NIM. 411410079. Skripsi: Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematik Siswa. (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Suwawa). Penelitian yang dilakukan merupakan suatu kajian studi eksperimen di SMP Negeri 2 Suwawa yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap kemampuan representasi matematik siswa pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Suwawa yang terdistribusi pada 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan probability sampling yang meliputi simpel random sampling. Dari sampel yang terpilih, satu kelas menjadi kelas eksperimen, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dan satu kelas sebagai kelas control, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional. Hipotesis penelitian ini adalah kemampuan representasi matematik siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) lebih tinggi dari pada kemampuan representasi matematik siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Pengukuran kemampuan representasi matematik dilakukan dengan menggunakan instrument berbentuk tes esay. Instrument ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrument. Analisis data untuk menguji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t. pengujian menunjukkan kemampuan representasi matematik siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) lebih tinggi dari pada kemampuan representasi matematik siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Kata kunci : Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL), kemampuan representasi matematik, luas permukaan dan volume kubus dan balok.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011