Penulis / NIM
SRI APRILIA KARWUR / 411410081
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs. HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi Turunan Fungsi Trigonometri kelas XI Ipa2 SMA Negeri 1 Bolaang. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ipa2 yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving). Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan atau observasi dan pemberian tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 10 dari 28 siswa (35,8%) yang dikenai tindakan memperoleh nilai diatas 65. Persentase keberhasilan siswa pada siklus I belum mencapai indikator yang ditetapkan, untuk itu perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Belum tercapainya indikator, disebabkan persentase kegiatan guru mencapai 69,22%, kegiatan siswa 65,92% dan penilaian penguasaan konsep matematika siswa 64,3% pada kategori cukup. Berdasarkan hasil tersebut yang belum mencapai indikator pada siklus I maka dilaksanakan perbaikan pada siklus II. Hasil tindakan pada siklus II menunjukan bahwa 28 dari 28 siswa (100%) yang dikenai tindakan memperoleh nilai diatas 65. Persentase kegiatan guru mencapai 89,38%, kegiatan siswa 93,03%, dan penilaian penguasaan konsep matematika siswa 85,7%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa "Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi turunan fungsi trigonometri siswa kelas XI Ipa2 SMA Negeri 1 Bolaang".
Kata kunci : Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving), Penguasaan Konsep Matematis Siswa, Turunan Fungsi Trigonometri.
Download berkas