Penulis / NIM
NOSVA ADAM YUNUS / 411410083
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs. HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Abstrak
Nosva Adam Yunus, NIM. 411410083. "Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Telaga Pada Materi Peluang". SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi dari kemampuan penalaran matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung, pada materi peluang. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMA Negeri 1 Telaga pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Telaga. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Pengukuran kemampuan penalaran matematis dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan penalaran berbentuk tes uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran kontekstual lebih baik dari pembelajaran langsung, ini dapat dilihat
pada perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata kemampuan penalaran matematis pada kelas eksperimen ( ) = 62,9 dan kelas kontrol () = 1,357. Hal ini juga dapat dibuktikan melalui test dengan taraf nyata 0,05 dan dk = 55 menunjukkan t > ttabel. Diperoleh thitung= 2,596 untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 1,6725, t berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan H diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan penalaran antara kelas eksperimen dan
kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.
Kata Kunci : Pendekatan Kontektual, Kemampuan Penalaran, dan Peluang
Download berkas