Penulis / NIM
ECA SAMAN / 411410084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs. HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Abstrak
ABSTRAK
Eca Saman. 411410084. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fungsi. (Suatu Penelitian Eksperimen pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Telaga Biru). Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, 2014. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd, (2) Drs. Perry Zakaria, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran kontekstual dan pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 7 Telaga Biru pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015, dengan rancangan Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 64 orang sehingga sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi. Sampel yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran kontekstual adalah kelas VIII1 dan sampel yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran langsung adalah kelas VIII2. Pengukuran hasil belajar matematika dilakukan dengan menggunakan instrument tes hasil belajar berbentuk tes essay. Instrument ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan menggunakan uji t dua sampel bebas (independent t-test).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran langsung. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual unggul dalam mengajarkan materi fungsi.
Kata kunci : Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar.
Download berkas