Penulis / NIM
HENDRA KARIM / 411410089
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs. HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstrak
ABSTRAK
Hendra Karim, 2015.Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fungsi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd dan Pembimbing 2Dra. Kartin Usman, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TeamGamesTournament (TGT) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pemebelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1Botupingge. Desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Group Design dan teknik pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Simple Random Sampling. Data yang digunakan adalah hasil belajar matematika siswa pada materi fungsi, yang diperoleh dari instrumen tes hasil belajar matematika siswa dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Dalam penelitian ini pengujian hipotesis penelitian menggunakan statistik uji-t dua sampel bebas (independent t-test). Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswayang diajar denganmodel pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) lebih tinggidari hasil belajar matematika siswa yang diajar denganmodelpembelajaran langsung.
Kata kunci:Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournamen, Hasil belajar, Fungsi
Download berkas