Penulis / NIM
IRPAN MOO / 411410091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
ABSTRAK
IRPAN MOO. 2015. PengaruhMetodeInkuiri TerhadapHasilBelajarMatematikaDi SMPN 8 Gorontalo.Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,UniversitasNegeriGorontalo. PembimbingI Prof. Dr. Nurhayati Abbas M.Pd dan Pembimbing IIDrs. Yamin Ismail, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untukmengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswapadapelajaranmatematika yang dibelajarkandenganmetode inkuiridanmetode konvensional, Metodepenelitian yang digunakan adalah metode eksperimendengandesainpenelitianPosttest Only Control Gorup Design.PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIII SMPNegeri8 Gorontao TahunPelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 177 siswa dan Sampelpenelitiandiambildari 2 kelascaratehniksimple random sampling.Diperoleh kelas VIII-1 sebagai kelas yang dibelajarkan dengan metode inkuiri dan VIII-2 kelas yang dibelajarkan dengan metode konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essay terdiri dari 10 butir soal. Instrumeninitelahmemenuhisyaratvaliditasbutirdanreliabilitasinstrumen.Analisis data untukmengujihipotesispenelitian dilakukanmenggunakanuji t dua sampel bebas (independen t-test).Hasilanalisis data diperolehbahwa hasilbelajarsiswapada materi gradien dan persamaan garis lurus yang dibelajarkandenganmenggunakan metode Inkuirilebih tinggi dari pada metode konvensional. Temuan ini menunjukan bahwa penggunaan metode inkuiri lebih unggul dalam mengajarkan materi gradien dan persamaan garis lurus.
Download berkas