Penulis / NIM
IRMAWATI LATIF / 411410092
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
ABSTRAK
Irmawati Latif (2014). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa (Studi Penelitian di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tilongkabila). Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd (2) Drs. Yamin Ismail, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi matematika siswa. Pada dasarnya penelitian ini merupakan penelitian survei yang menggunakan teknik korelasional. Berdasarkan jenisnya, ada 2 variabel yang diteliti yaitu kepercayaan diri (X) dan kemampuan komunikasi matematika (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tilongkabila sebanyak 142 orang yang tersebar pada 5 kelas, dengan sampel sebanyak 26 siswa (siswa Kelas VIII.2) dimana pengambilan sampel dilakukan pengundian pada 5 kelas tersebut. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari tes kemampuan komunikasi matematika dan angket untuk variabel kepercayaan diri, yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas melalui uji statistik. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi korelasi sederhana. Analisis ini digunakan untuk menyelidiki hubungan kepercayaan diri (X) dengan kemampuan komunikasi matematika siswa (Y). Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hubungan yang positif antara kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi matematika siswa. Hubungan ini memberikan kontribusi sebesar 23,23%. Ini berarti bahwa sebesar 23,23% kemampuan komunikasi matematika siswa dipengaruhi oleh kepercayaan dirinya dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang belum diteliti. Berdasarkan hal ini diharapkan agar lebih memotivasi siswa untuk selalu percaya diri dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa.
Kata Kunci : kepercayaan diri, kemampuan komunikasi matematika siswa.
Download berkas