Penulis / NIM
LISA MARGARETA ABDUL / 411410094
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Abstrak
ABSTRAK
Lisa Margareta Abdul, 2015. Pengaruh Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Tedy Machmud, M.Pd.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dan model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Gorup Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa Tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian diambil dari 2 kelas dengan cara teknik simple random sampling yang terpilih kelas VIII C sebagai kelas yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dan kelas VIII E sebagai kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essay terdiri dari 8 butir soal. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Data hasil penelitian diperoleh dari instrumen tes hasil belajar matematika siswa dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada materi persamaan garis lurus yang dibelajarkan model Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan menggunakan model pembelajaran langsung.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Matematika, dan Hasil Belajar
Download berkas