Penulis / NIM
NURYANTI / 411410096
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ABAS KALUKU, M.Si / 0014045708
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
Nuryanti. 2014. "Analisis Kesulitan Belajar siswa pada Mata Pelajaran Matematika" Suatu penelitian Study Kasus di Kelas X-4 SMA Negeri I Anggrek pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Abas Kaluku, M.Si dan Pembimbing II Drs. Yamin Ismail, M.Pd
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika yang tekait kesulitan objek matematika yaitu fakta, konsep, keterampilan dan prinsip. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pendekatan study kasus. Setelah melakukan uji coba yang terdiri dari 7 item soal, kemudian diajukan untuk kelas sampel. Setelah didapatkan nilai dari kelas sampel, maka kelas sampel dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok kemampuan tinggi, kemampuan sedang, kemampuan rendah. Dimana tiap-tiap kelompok diambil dua siswa sebagai subjek penelitian. Kemudian dilakukan wawancara seputar hasil pekerjaan siswa.
Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen tes essay dan wawancara berdasarkan hasil tes. Kesulitan fakta yang dihadapi oleh siswa yaitu siswa kurang memperhatikan dan menggunakan simbol atau lambang matematika dengan benar dan kurang mampu menentukan informasi dari soal. Kesulitan konsep yang dialami siswa yaitu siswa tidak mengetahui konsep yang benar. Kesulitan keterampilan yang dialami siswa yaitu siswa kurang terampil melakukan operasi bilangan bulat. Kesulitan prinsip yang dialami siswa yaitu siswa kurang mampu mengaitkan beberapa konsep dalam menyelesaikan soal.
Kata Kunci : Kesulitan Belajar Siswa, Mata Pelajaran Matematika.
Download berkas