Penulis / NIM
TRISKE VIVIANITA LAPARAGA / 411410101
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Pembimbing 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstrak
Triske Vivianita Laparaga, 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Ali Kaku, M.Pd dan Pembimbing II Nurwan, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Gorontalo. Desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Group Design dan teknik pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Data yang digunakan adalah data kemampuan penalaran matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok, yang diperoleh dari instrumen tes kemampuan penalaran matematika siswa dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Dalam penelitian ini pengujian hipotesis penelitian menggunakan statistik uji-t dua sampel bebas (independent t-test). Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari kemampuan penalaran matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung.
Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Penalaran Matematika, kubus dan balok
Download berkas