Penulis / NIM
RISNAWATI / 411411001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstrak
ABSTRAK
Risnawati. Nim 411 411 001. Hubungan antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pelajaran Matematika Materi Segitiga di Kelas VII Mts Darul Mubin. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Prof. Dr. Sarson W.Dj. Pomalato, M.Pd, Selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Drs. Majid M.Pd Selaku Dosen Pembimbing II.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika segitiga?Tujuan penelitian ini adalah mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar dan memperoleh gambaran yang jelas mengenai hubungan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar mereka. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional, dengan populasi siswa kelas VII Mts Darul Mubin. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 24 orang peserta didik yang sekaligus dijadikan sampel penelitian. Data dalam penelitian ini terdiri dari data hasil belajar siswa dan data kemandirian belajar. Data ini dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian dan instrumen angket berbentuk lembar pernyataan.
Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian yaitu analisis inferensial dengan menggunakan uji regresi dan korelasi sederhana. Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi segitiga. Hubungan positif ini ditunjukan dengan koefisien determinasi r sebesar 0.2601 atau 26.01%.
Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Hasil Belajar
ABSTACT
Risnawati. Student ID. 411 411 001. Corelation between Learning Independence with student's Learning Achievement in Triangle Topic of Mathematics Learning at Grade VII in MTs Darul Mubin. skripsi Departement of Mathematics Education, faculty of Mathematics and Natural Science, State Uiversity Of Gorontalo. principal supervisor in Prof. Dr Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd ad Co-supervisor is rs. Majid, M.Pd.
Problem statement of thid research is wether or not there is correlation between learning achievement in Triangle Topic of Mathematics Learning. this research aims at investigating wheter or not there is correlation between learning independence with student's learning achievement in Triangle Topic of Mathematics Learning. it applies survey method with correlation approach. Population is 24 students at grade VII in MTs Darul Mubin. Samples are all total number of population. Data consist of data of student's learning achievement and data of learning independence which have been collected by essay test and questionnaire in form of statement sheet.
Data analysis that is applied to test research hypothesis is inferential analysis by using simple regression and correlation test. Finding reveals that there is positive correlation between learning independence with student's learning achievement in Triangle Topic of Mathematics Learning. This positive correlation is verified by determination coefficient r for 0.2601 or 26.01%.
keywords: Learning Independence, Learning Achievement
Download berkas