Penulis / NIM
NOVALIN RUDJUA / 411411004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
ABSTRAK
Novalin Rudjua. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menghitung Luas dan Volume Kubus dan Balok. (Suatu Penelitian di SMP Negeri 3 Gorontalo). Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Sumarno Ismail, M.Pd dan Pembimbing II: Dewi Rahmawaty Isa, S.Si. M.Pd.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui secara jelas tentang pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa dan yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung pada materi menghitung luas dan volume kubus dan balok. Untuk memperoleh hasil belajar siswa dalam mengetahui luas dan volume kubus dan balok digunakan instrument tes. Penelitan ini merupakan penelitian eksperimen yang populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N Gorontalo T.P 2015/2016 yang berjumlah 175 orang dan tersebar kedalam 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak. Kemudian, dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberi perlakuan. Berdasarkan hasil random, kelas VIIIF terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan Quantum Teaching, sedangkan kelas VIIIC sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah Pengaruh Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Quantum Teaching dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung Pada Materi Menghitung Luas dan Volume Kubus dan Balok Di SMP N 3 Gorontalo.
Dari hasil analisis data diperoleh Hasil Belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Quantum Teaching lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Quantum Teaching, Hasil Belajar Matematika
Download berkas