SKRIPSI

Penulis / NIM
SETIADI UADA / 411411005
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
ABSTRAK Setiadi Uada, 411411005. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa kelas X Pada Materi Geometri (Suatu Studi Penelitian Eksperimen di SMK Negeri 1 Talaud). SKRIPSI. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, 2016. Pembimbing I Dr. Tedy Machmud, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dewi Rahmawati Isa, S.Si, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatip tipe Think-Pair-Share lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarakan dengan model pembelajaran langsung, pada pokok bahasan Geometri. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMK Negeri 1 Talaud pada semester genap untuk tahun pelajaran 2015/2016 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Talaud. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Tekhnik simple random sampling. Dari sampel yang terpilih, satu kelas menjadi kelas eksperimen, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dan satu kelas sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Langsung. Hipotesis penelitian adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model Pembelajaran Langsung pada materi Geometri. Pengukuran kemampuan pemecahan masalah matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk tes esei. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Analisis data untuk menguji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t. Pengujian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model Pembelajaran langsung pada pokok bahasan Geometri. Kata kunci : Pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share, Pemecahan masalah matematika
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011