SKRIPSI

Penulis / NIM
ADE FITRA OKOTA / 411411006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
ABSTRAK Ade Fitra Okota, 411411006. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bilangan Berpangkat (Suatu Studi Penelitian Eksperimen Di Kelas X SMK Cokroaminoto Kotamobagu). SKRIPSI. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, 2017. Pembimbing I Prof.Dr.Sarson W.Dj.Pomalato, M.Pd dan Pembimbing II Dewi Rahmawaty Isa, S.Si,M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya suatu kenyataan yang ditemukan bahwa masih rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMK Cokroaminoto Kotamobagu. Hal ini disebabkan oleh kurangnya aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Inquiry dapat menghasilkan hasil belajar siswa yang lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMK Cokroaminoto Kotamobagu T.P 2016/2017, dari tiga kelas yang ada maka diambil 2 sampel yaitu kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan A sebagai kelas eksperimen dan kelas X Teknik Gambar Bangunan sebagai kelas kontrol. Hipotesis pada penelitian ini adalah Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Langkah awal yang dilakukan dalam menguji hipotesis adalah melakukan pengujian normalitas data. Pengujian normalitas data menggunakan uji liliefors dengan taraf signifikan = 0.05. Hasil pengujian ditemukan bahwa Lhitung < Ldaftar yang berarti data berdistribusi normal. Setelah didapat data berdistribusi normal maka langkah selanjutnya pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan = 0.05 dan dk= n1 + n2 -2. Dari perhitungan ditemukan bahwa thitung > ttabel yang berarti hipotesis penelitian yang diajukan tidak diterima atau ditolak. Hal ini berarti Hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry lebih tinggi dari Hasil Belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Kata kunci : Hasil Belajar matematika siswa, model pembelajaran Inquiry
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011