Penulis / NIM
RAHMATIA BADU / 411411009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR ARFAN ARSYAD, M.Pd / 0004115702
Pembimbing 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstrak
ABSTRAK
Rahmatia Badu, 2015. Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Aljabar (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Gorontalo). Skripsi. Jurusan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dr. Arfan Arsyad, M.Pd. (2) Nurwan, M.Si.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VIII pada materi aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 27 orang masing-masing terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada indikator mengenal masalah tergolong kemampuan sedang, kemampuan berpikir kritis siswa pada indikator menganalisis tergolong kemampuan tinggi, kemampuan berpikir kritis siswa pada indikator mensintesis tergolong kemampuan sedang, dan kemampuan berpikir kritis siswa pada indikator menyimpulkan tergolong kemampuan rendah. Jadi dapat disimpulkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Gorontalo masih tergolong kemampuan sedang.
Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Aljabar.
Download berkas