Penulis / NIM
SRI RAHAYU MOHAMAD / 411411011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika model penemuan terbimbing di SMP kelas VIII pada materi kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan perangkat pembelajaran dengan model penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika untuk sub materi kubus dan balok. Penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan deskriptif dan mengacu pada model pengembangan 4-D (four D models), yang meliputi 4 tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (desseminate). Penelitian ini dimodifikasi dari model pengembangan 4-D dan batasi sampai pada tahap pengembangan (develop). Dalam proses pengembangannya, penelitian ini melibatkan ahli sebagai validator perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII-4 di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa validator ahli menyatakan perangkat pembelajaran penemuan terbimbing adalah valid dan lebih dari 90% peserta didik merespon positif. Ini menunjukkan perangkat pembelajaran matematika model penemuan terbimbing sudah baik dan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran matematika di kelas VIII SMP.
Kata Kunci: Pengembangan perangkat pembelajaran.
Download berkas