SKRIPSI

Penulis / NIM
AJENG NILASARI SUBIANTORO / 411411015
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pendidikan karakter dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini merupakan penelitian jenis survey yang menggunakan teknik korelasional. Dalam penelitian ini ada dua variabel yang diteliti yaitu pendidikan karakter (X) dan kecerdasan emosional (Y). Adapun Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga yang tersebar di delapan kelas, dengan sampel sebanyak 30 orang siswa (Siswa Kelas VII-3) dimana pengambilan sampel dilakukan pengundian pada 8 kelas tersebut. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri atas : (1) angket untuk mengumpulkan data kecerdasan emosional siswa, (2) lembar penilaian pendidikan karakter. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi korleasi sederhana. Analisis ini digunakan untuk menyelidiki seberapa besar peranan pendidikan karakter (X) dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa (Y). Dari hasil Penelitian diperoleh bahwa pendidikan karakter berkontribusi cukup terhadap peningkatan kecerdasan emosional siswa, yang ditunjukkan dengan nilai (r_xy) sebesar 0,49 serta nilai koefisien determinasinya (r_xy)^2 sebesar 0,2401 atau 24,01% . Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Kecerdasan Emosional
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011