SKRIPSI

Penulis / NIM
MELISA MUTIARA LESTARI PULOO / 411411016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Pembimbing 2 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Abstrak
Dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan nasional, seorang guru hendaknya mampu mengemas pembelajaran menjadi pembelajaran yang efektif. Oleh karena itu, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran dengan pendekatan Problem-Centered Learning (PCL) pada materi Teorema Pythagoras di kelas VIII SMP yang ditinjau dari 4 indikator, yaitu: kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan pendekatan PCL, aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dengan pendekatan PCL, ketuntasan belajar siswa, dan respons siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan PCL. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari subjek penelitian yang terdiri dari peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Gorontalo tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 23 peserta didik, guru yang melaksanakan proses pembelajaran dengan pendekatan PCL (Problem-Centered Learning), dan untuk observasi melalui lembar pengamatan dipilih 5 orang peserta didik untuk diamati aktivitas. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan Problem-Centered Learning (PCL) pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Kota Gorontalo adalah efektif. Hal ini terlihat dari setiap aspek kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan pendekatan PCL memenuhi kriteria efektivitas dengan kategori sangat baik dan baik. Aktivitas siswa dengan pendekatan PCL dalam pembelajaran berada pada kriteria batas toleransi sehingga di kategorikan efektif. Respon siswa setelah melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan PCL memenuhi kriteria efektivitas dengan minimal 83% siswa merespon dengan kategori positif. Hasil belajar siswa menunjukkan tuntas secara klasikal, sebanyak 19 dari 23 siswa atau sebesar (82,61%) siswa mencapai nilai 2,75 atau lebih. Dengan demikian, PCL merupakan suatu alternatif yang menghasilkan pembelajaran yang efektif untuk materi teorema Pythagoras. Kata Kunci : Problem-Centered Learning (PCL), Efektivitas Pembelajaran.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011