Penulis / NIM
HENRIANSYAH LASALEWO / 411411017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR ARFAN ARSYAD, M.Pd / 0004115702
Pembimbing 2 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Abstrak
ABSTRAK
HenriansyahLasalewo, 2015. DeskripsiEfektivitasPembelajaranMenggunakan Model PembelajaranKooperatifpadaMateriStatistika Di Kelas VIII SMP(Suatu Penelitian di Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Gorontalo).Skripsi. Gorontalo.Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing : (1) Dr. ArfanArsyad, M.Pd, (2)Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanefektivitaspembelajaranmatematikamenggunakan modelpembelajarankooperatiftipeStudent Team Achievement Division (STAD)padamateristatistikadi kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif.Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-11 di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo.Untukmelihatefektivitaspembelajaran, digunakanempatindikatorsebagai instrument penelitiannya, yaitu :(1) Kemampuan guru dalammengelolapembelajaran, (2) Aktivitaspesertadidik, (3)Responpesertadidik, dan (4) Hasilbelajarpesertadidik. Teknikpengumpulan data dilakukandenganmenggunakanobservasiuntukindikatorpertamadankedua yang berupalembarpengamatankemampuan guru sertalembarpengamatanaktivitaspesertadidik, sedangkanuntukindikatorketigamenggunakanangket, danuntukindikatorkeempatmenggunakanteshasilbelajar.Hasilpenelitian menunjukan bahwa, rata-rata kemampuan guru dalammengelolapembelajarandenganmenggunakan model pembelajarankooperatiftipe STAD adalah 3,52 di kategorikansangatbaik. Untukaktivitaspesertadidikberadapadabatastoleransiwaktu ideal.Sedangkanuntukresponpesertadidiksebesar 85% meresponpostifdanuntukteshasilbelajarsebesar 97% pesertadidikmasukdalamkriteriaketuntasan. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaranmenggunakan model kooperatiftipe STAD padamateristatistikaefektif.
Kata kunci : Model Pembelajaran, Kooperatiftipe STAD, Efektif.
Download berkas